Tutorial Adobe Illustrator Bahasa Indonesia : "Mengatur Workspace". Saya menggunakan Adobe Illustrator versi CC 2017 namun tampilannya tidak begitu berbeda dengan versi lebih lama atau yang terbaru. Postingan pertama ini saya akan membahas cara mengatur workspace.
Workspace atau ruang kerja harus disesuaikan menurut
penggunanya. Seorang desainer flyer tentu akan berbeda dengan desainer web, begitu
juga dengan desainer ilustrasi dsb. Oleh karena itu maka penting mengatur
workspace agar memudahkan pekerjaan.
Lihat bagian atas ada tulisan Essential, coba bukalah
pilihan yang lain. Disana ada beberapa jenis workspace default seperti
Automation, Layout, Painting dll. Cobalah pilih dan lihat perubahan panel di
bawahnya. Fungsi menu ini adalah mengatur tipe workspace kalian. Jika kalian desainer flyer atau majalah maka gunakan workspace Layout atau jika kalian seorang pembuat ilustrasi maka pilih yang Painting. Dan begitu seterusnya.
Atau atur workspace secara custom dengan pilih “New
Workspace” dan beri nama. Lalu atur panel2 yang mendukung pekerjaan kalian dan
buang panel yang dianggap tidak perlu. Semua panel pendukung ada di menu
“Window” dan pilih sesuai kebutuhan.
Untuk membuang panel yang sudah ada, drag ikon panel keluar
dari group panel maka akan muncul tanda “X”, klik untuk menutup. Misal panel
“pathfinder” kita buang maka klik ikon pathfinder lalu drag/geser ke tengah
artboard lalu klik tanda “x” di pojok atas.
Untuk memasukan panel baru kedalam group panel, buka menu
Window dan pilih panel yang dibutuhkan (misal pathfinder) maka akan muncul
ditengah artboard. Klik dan drag/geser nama panel tersebut dan geser ke group
panel dengan ditandai warna biru.
Sampai disini dulu tutorial dan tips trik menggunakan adobe
illustrator, semoga bermanfaat.
Comments
Post a Comment